3.29.2011

Universitas Kuningan (UNIKU)

Universitas Kuningan (UNIKU) merupakan merupakan universitas pertama dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan. Disinilah tempat ane menimba ilmu pengetahuan (dalam rangka menjalankan kewajiban seorang muslim brow ..), tempat mendapatkan pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi, mendapatkan banyak teman dan 'kosan termegah' yang pernah ane miliki. Disini ane akan memberikan sedikit gambaran tentang Universitas Kuningan itu sendiri.


Sejarahnya gimana ya..??


Sejarah Universitas Kuningan
Universitas Kuningan ( UNIKU ) didirikan sebagai perwujuddan dari idealisme dan komitmen Yayasan Sang Adipati Kuningan untuk terus menerus berkarya khususnya dalam bidang peningkatan sumber daya manusia menuju peningkatan mutu kehidupan masyarakat pada umumnya.

Gagasan tentang pendirian Univeersitas di Kuningan sebetulnya telah ada sejak tahun 1979 ketika Yayasan ini didirikan. Namun karena keterbatasan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya keuangan, maka niat itu tidak langsung diwujudkan sekaligus. Karena keterbatasan itu yayasan menggunakan strategi bertahap untuk mendirikan sekolah tinggi - sekolah tinggi sebagai cikal bakalberdirinya Universitas.

Sekolah tinggi pertama lahir pada tahun 1995 yaitu sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. sekolah tinggi kedua lahir tahun 1995 yaitu sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kuningan. Sekolah tinggi ini sekarang memiliki dua program studi yaitu Akuntansi dan Manajemen. Sekolah tinggi ketiga yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kuningan hampir bersamaan pada tahun 2001. Saat ini STIK Kuningan memiliki dua program studi yaitu Budidaya Hutan dan Konversi Hutan. Sedangkan STMIK kuningan memiliki empat Program Studi yaitu Teknik Informatika(S-1), Teknik Informatika(D-III), Sistem Informasi (S-1), dan sistem Informasi (D-III).

Setelah memiliki empat sekolah tinggi, Yayasan telah mmerasa punya cukup pengalaman untuk mendirikan Universitas. Oleh karena itu pengembangan keempat sekolah tinggi lantas dilaksanakan.


Ada berapa fakultas sih UNIKU itu??

Fakultas di Universitas Kuningan ada empat, yaitu:

1. Fakultas Komputer
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan merupakan fakultas ilmu komputer pertama di kabupaten Kuningan. Visi dan Misi Fakultas Ilmu Komputer adalah membangun dan membina mahasiswa terampil dan cerdas di bidang komputer dan informatika, Konsep ini dibangun guna mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dalam teknologi dan berwawasan luas. Fakultas ini mempunyai tiga Program Studi ( PRODI ), diantaranya :Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Manajemen Informatika.

2. Fakultas Ekonomi
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Fakultas ini mempunyai dua Program Studi ( PRODI ), yaitu Ekonomi Manajemen dan Ekonomi Akuntansi.

3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah salah satu fakultas yang banyak diminati oleh calon mahasiswa dikarenakan fakultas ini berdiri lebih dahulu dibandingkan fakultas-fakultas yang lain serta telah terakreditasi BAN-PT dengan status B. Hal ini menjadikan perintmbangan bagi calon - calon mahasiswa untuk masuk di fakultas ini. Fakultas ini mempunyai banyak Program Sudi ( PRODI ), diantaranya : Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, Pen Biologi, Pend B. Inggris, Pend Ekonomi, dan Akademi Perkantoran.

4. Fakultas Kehutanan
Fakultas Kehutanan adalah salah satu fakultas yang ada di Universitas Kuningan yang memiliki peluang kerja cukup terbuka di kabupaten Kuningan. Fakultas Kehutanan membahas tentang budidaya hutan dan konversi sumber daya hutan, hal ini dibuktikan dengan penanaman pohon di sekitar kampus 1 Universitas Kuningan sehhingga kesejukan dan kenyamanan belajar untuk para mahasiswa yang lain sangat terasa. Program Studi yang ada adalah Budidaya Hutan dan Konversi Sumber Sumber Daya Hutan.

Ane udah Sarjana ni gaan ..

Naah bagi yang sudah S1 sekarang di UNIKU udah ada program Pasca Sarjana juga loo.. jadi tnang aja :D


Kalo alamatnya dimana? ntar takut nyasar lagi kalo mo silaturahmi ..

Ini adalah alamat lengkap UNIKU:
Kampus 1 :
Jln Cut Nyak Dhien Cijoho Kuningan
Phone: 0232 - 874824
Fax: 0232 - 874824

Kampus 2 :
Jln. Pramuka No. 67 Kuningan
Phone: 0232 - 871982
Fax: 0232 - 871982

Untuk lebih jelasnya bisa sobat kunjungi langsung ke website sekaligus sumber jejak jari ane yaitu uniku.ac.id

Bagikan

Jangan lewatkan

Universitas Kuningan (UNIKU)
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

15 komentar

Tulis komentar
avatar
Anonim
17 Februari 2012 pukul 00.21

Ada Beasiswa Ngga untuk Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2012??

Reply
avatar
2 April 2012 pukul 04.48

tambah keren , tetapi tetep murah. :p ngapan sekolah jauh-jauh. ayo besarkan kota sendiri,,,,

Reply
avatar
2 April 2012 pukul 04.50

saya alumni universitas kuningan selalu ingin mengulang lagi masa kuliah dulu. mengasyikan dan menggairahkan. wkk... salam kenal bro

Reply
avatar
Anonim
10 Mei 2012 pukul 21.34

Saya bingung memilih antara UNIGAL dan UNIKU..
Apakah agan mempunyai kekurangan dan kelebihan masing2 universitas ??

Reply
avatar
2 September 2012 pukul 18.35

boleh ga,misal saya lu2san D3 nya jurusan MI tapi swsata, mau kesitu yg keguruan tuk SI nya?

Reply
avatar
Beni Ismail
20 September 2012 pukul 23.50

Berapa Biaya Estimasi Untuk Pend. S2 Jur. Pend.Ekonomi, di UniVersitas Kunigan?

Reply
avatar
Anonim
5 Februari 2013 pukul 01.33

saya berminat untuk mengajar di uniku, katanya mau buka pend. matematika S1 ya? kalo syarat buat jadi dosen di uniku apa? saya lagi bikin thesis di S2 UT Bandung.. trims.

Reply
avatar
12 Maret 2013 pukul 06.07

Sip bro lah..
Kuningan na ti mana uy?
Lamknl kang bro :D

Reply
avatar
Anonim
14 April 2013 pukul 19.43

nah... syarat masuk program pasca sarjananya gmn?
untuk yang biologi d pascasarjana, gelar nya M.Pd apa M.Si

Reply
avatar
Anonim
23 Desember 2013 pukul 01.12

Di uniku gakada kebidanan yaaa atau kesehatan gitu?

Reply
avatar
Anonim
20 Oktober 2014 pukul 19.03

Info biaya2 kul S2 Pend. Bio donk, & akreditasi'y,.
Thx

Reply
avatar
5 Oktober 2018 pukul 08.42

I am glad to let you know that this is a fantastic way to learn as much as possible. Your theory is justified.

Reply

Berkomentarlah selagi sempet.Terimakasih.