2.28.2011

Ciri-Ciri Komputer yang Terinfeksi Virus Ramnit

Virus Ramnit merupakan virus baru yang cepat menyebar, virus ini mampu bekerja sama dengan virus lain untuk menginfeksi korbannya. Setelah menginfeksi komputer virus ini akan men-download varian virus lainnya dan virus yang di download akan berbeda untuk tiap komputer sehingga merepotkan antivirus untuk deteksi dan pembersihan.

Berikut ini merupakan ciri-ciri komputer yang sudah terkena virus Ramnit:

1. Virus akan membuat browser Internet Explorer menampilkan halaman yang berisi penawaran iklan, game, dan terkadang gamabar porno dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet.

2. Gejala selanjutnya adalah, icon removable media berubah menjadi icon folder. Setelah itu pengguna tidak dapat mengakses flashdisk tersebut dengan peringatan Access is denied. Dan terakhir muncul pula pesan Compressed (zipped) Folders pada saat mengklik drive tersebut.

3. Muncul banyak file dengan nama file 'Copy of Shortcut to (1).lnk' s/d 'Copy of Shortcut to (4).lnk' di flashdisk pengguna. File ini digunakan oleh virus untuk menggandakan dirinya ketika dieksekusi pengguna.

4. Salah satu hal yang unik dan membuat virus ini sangat mudah aktif dan sulit dibasmi adalah setiap kali user melakukan klik kanan. Selain menampilkan menu klik kanan, secara tidak langsung pengguna komputer juga telah menjalankan virus ini.

Selain ciri-ciri tersebut, perlu diketahui juga bahwa Ramnit juga memiliki file induk yang sudah dipersiapkan di direktori [%USB Flash%:\RECYCLER\%nama_acak%.exe].

Virus ini juga akan menjangkit file berekstensi exe, dan setiap file exe yang terinfeksi akan mempunyai ukuran 107KB lebih besar dari ukuran awalnya. Selain itu Ramnit akan menduplikasikan file tersebut di dalam folder yang sama.

Source: www.detikinet.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Ciri-Ciri Komputer yang Terinfeksi Virus Ramnit
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

9 komentar

Tulis komentar
avatar
14 Maret 2011 pukul 02.41

owalah ternyata namanya virus ramnit toh?
wah selanjutnya saya menuju ke cara basminya..
thx infonya..

nanti ijin nempel di blog saya ya..

Reply
avatar
Anonim
22 September 2011 pukul 03.11

mau tanya kan ane download lagu dari komputer yang terkena ramnit terus ane masukin ke hp blackberry lagunya beberapabulan lalu terus tadi ane abis download lagu dari laptop yang bersih terus masukin ke hp blackberry yang sama blackberry tersebut tertular gak sih

Reply
avatar
22 September 2011 pukul 15.56

Saya tidak bisa jawab terkena virus atau tidaknya, karena harus diliat dulu keadaannya itu seperti apa .. tapi ciri yang sangat jelasnya adalah kalo yang terkena virus ada file shorcutnya. Mf kalo kurang jelas :)

Reply
avatar
5 Juli 2012 pukul 18.30

emh, makasih, dikira karya asli ternyata saduran hehe

Reply
avatar
7 Juli 2012 pukul 05.43

Oh gitu ciri komputer yang terkena virus...

Reply
avatar
7 Juli 2012 pukul 05.45

Sangat berguna nih informasinya makasih banget mo berbagi...

Reply
avatar
Anonim
30 September 2012 pukul 05.56

wah ini toh ramnit. pantesan AVku slalu mendetek file ekstensi exe dll ama htm.padahal filenya bukan virus.gra2 ngecheat:((.Detective mode ON

Reply

Berkomentarlah selagi sempet.Terimakasih.