3.20.2011

Pencarian lewat Suara : Google Voice Search

Patut diacungi jempol bagi Google, karena sekarang mesin pencari nomor satu ini sudah dapat melakukan pencarian leawat suara (jadi kita tinggal curhat aja sama Om Google...hihi). Dimana selama ini untuk melakukan pencarian kita mengetikan keyword atau kata kunci ke kotak yang disediakan, maka tak lama muncullah hasil pencarian dari yang paling sesuai konteks yang diinginkan.

Nah sekarang ada cara baru untuk mencari di Google khususnya buat para pengguna smartpone. Tak perlu mengetik, namun cukup berbicara ke mesin Google. Mesin tersebut akan mengenali suara Anda, mengirimkannya ke server, dan mencarikan daftar alamat internet terkait. Tak hanya situs web, tapi juga berita, foto, peta, dan video. Saat ini frasa dan kalimat dalam Bahasa Indonesia pun sudah dikenali yang merupakan bahasa pertama di wilayah Asia Tenggara yang masuk di fitur google.

“Ada 500 orang relawan yang membantu Google saat mengembangkan Voice Search khusus bahasa Indonesia. Suara mereka kemudian disampling (diambil contohnya) kemudian dijadikan acuan Google saat melakukan query ke databasenya,” jelas Henky Prihatna (Indonesia Country Representative, Google Southeast Asia). Henky juga menjelaskan, bahwa untuk membuat sistem Google yang diciptakan dalam bahasa Inggris itu, dibutuhkan sistem yang bisa belajar mengenali beragam dialek, aksen dan gaya pengucapan yang berbeda-beda. “Itulah sebabnya, setiap query yang diucapkan pengguna dalam bahasa Indonesia akan jadi acuan penyempurnaan sistem Voice Search Google. Ini salah satu tantangan yang dihadapi Google karena keragaman budaya dan bahasa di Indonesia,” kata Henky.

Untuk sementara teknologi ini baru tersedia untuk smartphone berbasis Android, BlackBerry, dan iPhone. Bagi kamu yang ingin mencoba Google Voice Search dari perangkat mobile bisa mengunjungi alamat m.google.co.id/voicesearch.

Berbagai Sumber

Bagikan

Jangan lewatkan

Pencarian lewat Suara : Google Voice Search
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

6 komentar

Tulis komentar
avatar
21 Maret 2011 17.10

wah, keren nih bahasa indonesia sudah dikenali.
semoga kedepannya fitur ini semakin memanjakan pecinta internet untuk lebih mudah dalam mengakses informasi.
btw, untuk mencari secara non mobile apakah sudah muncul alamat situsnya?

Reply
avatar
22 Maret 2011 08.28

Bener sob, smoga dengan adanya fitur baru ini pencarian informasi bisa lebih efisien .. kalo untuk yang non mobile blum ada sob, kitu tunggu aja perkembangan selanjutnya. kalo bisa kita berpartisipasi dalam pengembangannya, kan lbih kren ya

Reply
avatar
24 Maret 2011 19.54

Perkembangan yang inovatif. makin memudahkan pengguna internet khususnya smart phone dalam googling

Salam ukhuwah

Reply

Berkomentarlah selagi sempet.Terimakasih.