10.27.2009

Facebook dan Twitter Mengancam Perekonomian Negara

Facebook dan Twitter yang sekarang sedang ngetren-ngetrennya dianggap berpotensi merugikan perekonomian negara, seperti halnya di Inggris diperkirakan merugi sekira 1,38 miliar poundsterling per tahun. Itu adalah akibat para karyawannya mengakses facebook dan Twitter ketika mereka bekerja, jadi otomatis pekerjaan mereka terganggu. Dan yang lebih menyedihkan lagi perusahaan atau instansi pemerintah melakukan langkah-langkah untuk melarang karyawannya untuk mengakses Facebook atau Twitter selama jam kerja, dinilai sebagian pengamat sebagai langkah wajar. Popularitas Facebook dan Twitter yang kian meningkat dianggap sangat berpotensi untuk merugikan perekonomian negara.

Apa hubungan antara Facebook dan perekonomian negara? Baru-baru ini di Inggris, sebuah konsultan IT, Morse mengungkapkan Facebook dan Twitter dinilai menurunkan produktivitas karyawan.

Sebanyak 50 persen dari sekira 1460 pekerja yang disurvei mengaku selalu mengakses Twitter dan Facebook selama hari kerja. Tiap-tiap pekerja juga mengaku menghabiskan waktu sekira 40 menit per pekan. Artinya waktu 40 menit selama sepekan dianggap terbuang percuma.

Survei juga mengungkapkan, sepertiga dari seluruh responden itu seringkali memposting informasi sensitif perusahaan di situs jejaring sosial.

"Ketika seseorang ditanya berapa lama mengakses situs jejaring sosial, mereka menjawab sekira 40 menit per minggu. Namun ketika ditanya tentang aktivitas teman mereka di jejaring sosial, mereka menjawab teman mereka mampu mengakses satu jam per hari. Sebab itu hitung-hitungan kami menggunakan nilai terendah dan bukan poin tertinggi yakni satu jam sehari," kata seorang konsultan Morse.
eh iya, ane baca beritanya di okezone.com ketika sedang surfing gitu..

Bagikan

Jangan lewatkan

Facebook dan Twitter Mengancam Perekonomian Negara
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

7 komentar

Tulis komentar
avatar
27 Oktober 2009 18.23

Wah, perlu diwaspadai nih. Untungnya saya bukan fans berat meski punya acount di ke2nya. I like blogger.

Reply
avatar
28 Oktober 2009 03.04

wah, memang bener tuh ... saya di FB juga agak kelabakan, banyak pertanyaan yg masuk via messagenya, mau tutup tapi takut lari dari tanggung jawab ... saya ngelola grup dg member 8500 orang

Reply
avatar
2 November 2009 09.16

iy nich, banyk yang gx konsen ma kerjaan gara" facebook, tp ad sisi baiknya juga ya,. krn di facebook bisa menjalin hub sosial, bisa juga dpt uang dgn promosiin barang" kita, ya banyak jg kelebihannya,.,. mantap,. lanjutkan terus shob,.,. GBU

Reply
avatar
Anonim
17 November 2009 23.32

iemah si apip ya emmmmm pantesan kaciri hehe blog na

Reply
avatar
19 November 2009 20.15

atuda kumaha nya, si apip oge geuning osok twiteran sekaligus fb-an bae :)) kunaon tara muka lintasberita lagi pip? eta teh gara2 asyik2 fban nya... :D tapi aneh blognamah kaurus bae euy... pinter ongkoh budakna ck ck ck ;))

Reply

Berkomentarlah selagi sempet.Terimakasih.